Tempat wisata paling favorit di cempaka putih

Siapa yang tak kenal dengan ibu kota Jakarta kota dengan sejuta keanekaragam masyarakat dari berbagai wilayah. Jakarta sebagai pusat bisnis, politik, dan budayanya menjadi ciri khas bahwa kota ini menjadi salah satu pusat pemerintahan dan kemajuan jaman. Kota metropolitan ini menjadi tempat kedudukan lembaga pemerintahan dan kantor sekretariat.

Semenjak dinyatakan sebagai ibu kota, populasi di Jakarta melonjak sangat pesat akibat kebutuhan tenaga kerja yang hampir semua terpusat di Jakarta. Akibatnya kota ini dipadati oleh penduduk baik dari asal ataupun perantau, sehingga kebutuhan transportasi baik umum maupun pribadi semakin meningkat. Hal inilah yang menyebabkan adanya kemacetan.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kota ini kurang cocok untuk dijadikan salah satu kota tujuan wisata karena kemacetan dan tinggal kriminal yang tinggi. Namun perlu kamu tahu bahwa kota ini menyimpan banyak sejarah yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan destinasi wisata dan pembelajaran. Ada beberapa tempat yang perlu anda kunjungi yaitu terletak di Cempaka Putih.

Cempaka Putih merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Jakarta Pusat. Kecamatan ini berbatasan dengan Kemayoran disebelah utara, Johar Baru dan Senen di sebelah barat. Dengan letak ditengah kota, tak heran jika kecamatan ini memiliki beberapa tempat wisata yang bersejarah dan pusat perbelanjaan. Apa saja wisatanya  berikut penjelasannya :

  1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas merupakan monumen yang dibangun sebagai peringatan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintah Kolonial Belanda. Jika dilihat dari bangunannya, monumen terdapat mahkota bola api dengan lapisan emas yang melambangkan semangat rakyat Indonesia yang membara.

  1. Katedral Jakarta

Salah satu tempat ibadah yang terkenal di Jakarta adalah Gereja Katedral. Gereja ini mulai diresmikan pada 1901 dan dibangun dengan arsitektur neo-gotik bergaya Eropa. Semakin bertambahnya usia, gereja ini terlihat semakin unik dan mahal untuk diabadikan. Hingga sampai saat ini Gereja Katedral masih tetap digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat katolik.

  1. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia merupakan salah satu wujud pembangunan Wisma Seni Nasional / Pusat Pembangunan Kebudayaan Nasional yang dirintis sejak tahun 60-an. Gedung ini berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan pameran, perhelatan acara seni rupa Indonesia maupun mancanegara. Tak heran jika galeri ini sangat dijaga karena sebagai wadah pengembangan dan pemanfaatan aset seni yang mendasari pendidikan dan kebudayaan. Galeri ini mengoleksi sekitar hampir dua ribu karya dari para tokoh seni Indonesia. Untuk itu ada baiknya untuk kamu kunjungi sebagai apresiasi seni sekaligus mengulas sejarah yang ada didalamnya.

  1. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan sebuah museum yang terletak Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat. Museum ini dulunya adalah bekas Bank Indonesia, dan sekarang dijadikan sebagai cagar budaya peninggalan De Javasche Bank yang dibangun pada tanggal 1828. Museum ini menyajikan informasi seputar peran BI dalam perjalanan sejarah bangsa. Selain itu terdapat banyak koleksi benda bersejarah pada masanya seperti masa kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan secara menarik.

 

Menarik bukan untuk dikunjungi, pastinya bisa kamu masukkan ke list destinasi wisatamu selanjutnya. Dan jangan lupa jika kamu datang ke kota ini, kamu bisa mencari referensi penginapan seperti kost harian yang stragetis dengan harga terjangkau melalui aplikasi mamikos. Kamu tinggal masukkan keywords kost cempaka putih, maka akan muncul berbagai pilihan penginapan. Jangan lupa untuk download aplikasi mamikos pada playstore agar lebih mudah kamu mengaksesnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *