Ingin Membangun Rumah 2 Lantai? Urus Dokumen Ini Terlebih Dahulu!

Memiliki rumah tinggal sendiri tentu menjadi impian untuk setiap orang. Apalagi bagi Anda yang sudah menikah maka mempunyai rumah sendiri sepertinya suatu hal yang harus Anda fikirkan untuk di wujudkan. Ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah memilih membangun rumah sendiri. Salah satu alasan itu seperti Anda bukanlah anak satu-satunya sehingga harus berbagi rumah dengan saudara Anda.

Meskipun saudara bukan berarti tidak ada pertengkaran bukan? Sehingga Anda memilih untuk membangun rumah tinggal Anda sendiri ketika sudah menikah. Selain itu tinggal hanya dengan pasangan dan jauh dari orang tua akan melatih Anda menjadi pribadi yang lebih mandiri sehingga Anda lebih siap ketika menghadapi masalah rumah tangga yang menghampiri ke keluarga Anda.

Cara Mengurus IMB Untuk Rumah Tinggal 2 Lantai

Bagi Anda yang berniat untuk membangun rumah tinggal namun dengan dua lantai maka Anda harus mengurus beberapa dokumen penting yang di butuhkan ketika akan membangun sebuah rumah yang di tujukan untuk di tempati secara pribadi bukan untuk di sewakan kepada orang lain.

Karena mengurus IMB untuk rumah tinggal sangat jauh berbeda dengan mengurus IMB untuk bangunan yang di gunakan untuk fasilitas umum. Bisa di bilang proses pembuatan dokumen izin mendirikan bangunan rumah tinggal lebih sederhana di bandingkan pembuatan dokumen untuk bangunan umum.

Adapun dokumen persyaratan yang harus Anda siapkan untuk mengajukan IMB rumah tinggal dua lantai adalah:

  • Mengisi formulir Pengajuan IMB di kantor pemerintah kota setempat
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Fotokopi SPPT dan Bukti Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Tahun Berjalan
  • Fotokopi Surat Kepemilikan Tanah
  • Gambar rancangan arsitektur bangunan
  • Gambar konstruksi denah, tampak, dan site plan.

Setelah dokumen Anda pastikan lengkap semua maka Anda bisa pergi ke pemerintah kota untuk meminta formulir yang akan Anda isi untuk pengajuan IMB nantinya. Sebenarnya tanpa harus datang ke pemerintahan kota pun Anda sudah bisa mendapatkan formulir pendaftaran secara online. Karena sudah ada situs resmi pemerintahan yang menyediakan formulir pendaftaran ini.

Alur Pengurusan Dokumen IMB Rumah Tinggal 2 Lantai

Sedangkan alur dari pengurusan dokumen izin mendirikan bangunan untuk rumah tinggal yang memiliki 2 lantai adalah jika Anda sudah selesai mengisi semua formulir pengajuan IMB dan Anda sudah menyiapkan semua dokumen persyaratannya maka datang ke loket pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang biasanya terletak di pemerintahan pusat kota.

Jika Anda sudah sampai di PTSP maka serahkan formulir yang sudah Anda isi beserta dengan dokumen persayaratan tadi. Lalu tunggu selama satu minggu hingga ada petugas dari pemerintahan yang akan datang ke rumah Anda untuk mencetak denah menjadi blue print sebagai syarat penting pengajuan IMB rumah tinggal 2 lantai.

Sedangkan biaya yang akan Anda keluarkan adalah sesuai dengan luas tanah dan tinggi rumah yang akan Anda bangun nantinya. Ini lah yang membedakan biaya yang di keluarkan oleh setiap orang yang akan membuat IMB untuk rumah tinggal mereka. Jadi jangan heran jika total biaya bisa berbeda.

Lalu bayar total biaya tersebut ke Bank Daerah yang memang sudah di tunjuk. Selanjutnya serahkan bukti pembayaran tadi dan tunggu sekitar 15 hari hingga IMB Anda jadi. Anda juga bisa menyewa layanan milik kami dengan mudah dengan membuka situs ini  untuk pembuatan IMB untuk rumah tinggal Anda yang akan di bangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *