Menjadi rayap pekerja dalam koloni rayap

Rayap perkerja merupakan rayap yang jumlahnya paling banyak dalam satu koloni. Peran pertama adalah rayap Pekerja, dengan jumlah terbanyak di koloni. Rayap ini juga memiliki mandibel seperti rayap prajurit. Namun ukuran rayap pekerja ini relatif lebih kecil dari rayap prajurit. Rayap pekerja memiliki tugas untuk mencari makan, memberi makanan rayap yang lain, merawat telur rayap, membersihkan telur rayap, membersihkan tubuh rayap prajurit dan rayap reproduktif, serta membuat dan merawat sarang. Makanan yang telah didapat oleh rayap pekerja biasanya akan dikumpulkan ke dalam suatu rongga atau ruangan khusus penyimpan makanan. Tujuan dikumpulkannya makanan adalah untuk persediaan makanan selama musim hujan tiba. Selain itu, kasta pekerja juga memiliki tugas untuk memakan rayap yang tidak produktif lagi baik dari kasta prajurit, kasta reproduktif maupun dari kasta perkerja sendiri.

Menjadi rayap pekerja bukanlah tugas yang mudah untuk dilakukan. Memang secara nyata manusia tidak bisa membedakan mana rayap reproduksi, mana rayap prajurit dan mana rayap pekerja. Dari penggolongan jenis rayap dalam koloninya, semuanya adalah hama bagi manusia. Rayap dari kasta pekerja inilah yang dapat merusak bangunan kayu dan perabotan yang ada di rumah. Karena rayap pekerja memiliki kemampuan mencerna selulosa yang ada di dalam kayu, dimana hasil pencernaan akan dimuntahkan dan dipersembahkan sebagai makanan induk, prajurit dan para larva. Jenis rayap paling merusak adalah rayap Formosa karena memiliki koloni sangat besar. Layanan jasa basmi rayap akan selalu dapat membantu anda semua yang membutuhkan.

Rayap memakan bahan yang mengandung selulosa. Bahan utama yang menjadi makanan rayap seperti kayu dan produk turunannya seperti kertas. Selulosa merupakan senyawa organik yang keberadaanya melimpah di alam. Selulosa terdapat pada kayu. Namun selulosa tidak dapat dicerna oleh manusia maupun organisme tingkat tinggi lainnya. Sedangkan rayap dengan mudah dapat mencerna senyawa pada selulosa yang terdapa di kayu ini karena dalam usus rayap terdapat parasit Trichonympha. Keberadaan parasit itulah yang mengeluarkan enzim selulase yang dapat memecah selulosa menjadi D-glukosa gula alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *